Selamat Datang dan Berbahagia

Posted: August 30, 2014 in Aria

Tanggal 3 Agustus, situs basagita.wordpress.com diciptakan. Berasal dari beberapa gerakan jari telunjuk dan telapak tangan, sangat mudah. Merupakan salah satu dari satu keberuntungan hidup di abad 21. Aku sendiri sebenarnya sering berpikir, adakah yang lebih baik di masa ini dibandingkan dengan masa lalu selain teknologi? Sesaat Aku langsung tahu jawabannya: Tidak. Manusia terlalu hebat dalam berpikir, salah satu kenapa spesies kita dinamakan manusia bijaksana (homo: manusia; sapiens: bijaksana). Dihitung dari genesis atau awal mula, sudah 13.80 miliar tahun terlewati, semua berjalan baik-baik saja. Dihitung dari adanya Ibu Pertiwi, sudah 4.54 miliar tahun terlewati, semua berjalan baik-baik saja. Dihitung dari adanya manusia, sudah 200 ribu tahun terlewati, seluruh alam di Ibu Pertiwi rusak. Bijaksana, bukan?

Tapi, Aku di sini bukan untuk bercerita tentang hal itu. Karena ini adalah entri kesembilan belas untukku sendiri, dan yang pertama untuk Basagita, sudah sepantasnya kita melihat ke bawah, tentunya karena kita semua ingin merasakan kebahagiaan (jangan munafik). Ah, ya, tapi memang mustahil. Siapa sih di antara kita yang tidak munafik? Aku munafik, Kamu munafik, Dia munafik, Kalian munafik, Kami munafik, Kita munafik. Ah, maaf, energi negatif tercipta lagi. Benar-benar maaf, sekarang akan kucoba untuk bercerita dengan semestinya.

Sebenarnya, Aku di sini juga dasarnya hanya untuk mengisi kekosongan Basagita saja. Dia terlalu sepi tanpa tulisan-tulisan yang menutupinya. Lagipula, selain dari keinginan sendiri, memang sudah diberi pesan oleh pengentri sebelumnya untuk menulis cuap-cuap pembuka untuk sesaat di sini. Jadi, Basagita adalah kumpulan pemuda-pemudi negara Indonesia yang sombong dan menganggap diri mereka lebih dari yang lain, entah di bidang sastra, sosial, politik, budaya, ataupun sains. Ah, tapi kami memang kok. Jumlah Basagita saat ini ada duabelas jiwa, keduabelas-duabelasnya masih menggunakan sekolah sebagai sarang sekunder mereka. Terdengar agak ironis, sebenarnya. Kami di sini memang masih jauh dalam ilmu di berbagai bidang yang disebutkan tadi, tapi entah karena bottleneck effect yang terjadi juga pada otak (hei, melihat keadaannya, mungkin saja kan?) atau apa, Kami berani mengakui kalau kami memang lebih dari setidaknya setengah pemuda-pemudi di sarang sekunder Kami.

Tapi, tujuan dari didirikannya Basagita itu sendiri, sebenarnya agak aneh. Kami ingin membuat para pemuda-pemudi lain untuk menuangkan pendapatnya mengenai dunia, tapi Kami membuat situs tulisan, bukan forum organisasi. Tak apalah, sebagai permulaan. Jika memang sudah banyak spektator dari situs ini, baru kemungkinan akan dibuka forum Basagita, yang sekarang terbatas pada duabelas orang untuk penulis.

Dan, yang ingin tahu arti dari nama Basagita, adalah Penutur kata-kata indah nan sopan. Diambil dari bahasa Sansekerta yang sudah punah, untuk menyadari para manusia-manusia bijaksana yang membaca ini kehebatan dari bahasa. Bagaimana tidak hebat, bahasa yang sudah punah menjadi dasar dari salah satu organisasi pemuda terbaik di masanya. Untuk memuji pengentri sebelumnya yang sudah bersedia mengentrikan entri pertama di Basagita, Aku beritahu bahwa nama Basagita adalah pemberian pengentri sebelumnya kepada sebelas orang lainnya.

Setengah dari judul sudah dibahas, sekarang masuk ke bagian Selamat Berbahagia. Bagi yang tidak tahu, salah satu anggota Basagita mengalami peningkatan kadar hormon dopamin dan endorfin. Ya, bagi yang tidak mengerti, itu artinya Dia sedang berbahagia dengan orang-orang terdekatnya. Alasannya, 17 tahun dan 2 hari yang lalu Dia keluar dari rahim ibunya, dan kemarin dirayakanlah kepanjangan umurnya. Aku sendiri, sebagai anggota Basagita dan sebagai seorang teman, mengharapkan kebahagiaan untuknya, dalam bentuk apapun kebahagiaan itu. Aku sendiri belum tahu ingin memanggilnya apa, berbeda dengan pengentri sebelumnya yang sudah menyatakan ingin dipanggil U.

Jadi, sudahlah itu dia pembahasan penuh dari entri kali ini. Mungkin terlihat berbeda dalam ukuran, tapi ketahuilah kawan-kawan, bahwa warna juga mempengaruhi komposisi. Itu saja dari diriku untuk yang pertama, semoga kalian semua juga berbahagia!

Atas nama Basagita,

Aria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s